Coba Saja Kamu Itu Buruh.

Buruh, Oh Buruh. Kau terbang kesana-kemari. Kau bebas terbang kesana kemari tiada insan yang hendak menganggumu, Mencari makan kesana kemari. Menjadi insan mandiri, yang tak berpangku tangan menjadi beban orang lain. Kau bisa mengalahkan mobil-mobil, yang dengan egonya mencari materi. .Andaikan  kau apit diriku di sayapmu, pasti akan ku cium bau khas dari ketiakmu.

Baru saja rajin menulis Blog, langsung Ngibul enggak jelas. Hai Sobat Bejo, kembali lagi dengan blog Unique (dibaca :Unik Kue). Ya tentunya di mana kalau di AlaOmGugel.Wordpress.Com.

Sebelum membahas inti nih. Om Gugel ingin curhat dulu. Sudah hampir setengah tahun Om Gugel meninggalkan Blog Om Gugel. Kemarin tuh Om Gugel perang dengan gejolak di dada. Menulis Makalah Proposal Lingkungan, dalam rangka sanitasi tingkat umum dan peringatan Hari Air Sedunia. Sambil menulis di rumah, konsumsi pribadi pun menyerang di lini depan, dan sektor pertahanan Om Gugel menipis. Kebiasaan Om Gugel yang menurut Om Gugel bukan kesalahan tapi kebutuhan ini diantaranya beli kertas, kuota internet, kue di warteg Wi-Fi, Tinta, Perawatan Printer, Makan-minum, Uang parkiran di perpustakaan daerah, kakus umum waktu belanja di pasar, khas mingguan institusi, dan masih banyak lagi deh sobat.

Terus gimana nih sobat. Ok strategi di ubah dengan Defensif-Centre dengan melakukan penghematan. Wah, waktu itu parah deh sobat. Waktu itu terinspirasi dari sobat satu institut Om Gugel waktu di kakus umum. Jadi begini ceritanya:

"Hei, jok. Kamu merasa ada yang aneh gak"
"Enggak tuh, emang apa",om gugel yg ini
"Ini bau bau enggak sedap"
"Bau, ikan asin kali. Atau sayur busuk"
Langsung pergi seribu langkah ke garis depan. Tujuan utama yaitu kakus umum. Kakus yang bertuliskan 'MCK PTM daerah B******'. BAB:1000, BAK:5000. Kalau Sobat Baca tolong dibalik yah, soalnya salah.
Kemudian Sobat Om Gugel langsung masuk, tanpa izin dengan orang yang berhari hari berteman dengan si kuning dari gua busuk. Kelang lima menit, sobat Om Gugel keluar tuh.
"1000 mas!"
"Apanya?"kata sobat Om Gugel.
"Tuh tulisannya. BAB:5000, BAK:1000"
"Oh itu. Tadi sih di sana aku mengintrograsi kantong ku", si pelaku (Sobat Satu Institut Om Gugel) mencari Alibi yang tentunya TIDAK BEJO,"eh ternyata enggak ada Uang (waktu itu sudah susah sekali dapet ini), jadi saya punya inisiatif untuk Hari Air Sedunia, supaya untuk menghemat air, dan tentunya menghemat kantong"
"Jadi, kamu enggak jadi buang si kuning"
"Jadi. Kan tadinya aku enggak buang air. Tuh masih ada di Gua Busuk (Kloset)"

😆

Gil*, memang orang satu ini. Sobat Bejo jangan contohin ya! Semenjak itu Om Gugel ingin bertekad hemat. Tapi enggak berhasil juga. Walaupun tingkat konsumsi yang rendah, tetapi Produktivitas Om Gugel masih sangat minim.

Pucuk di cinta si solusi datang.

Ada tawaran dari teman satu institusi teman yang sama (si jo*** tadi).

“Jo***-J***, anak ini bermanfaat juga”, pikiran Om Gugel.

Freelance, itu bahasa gaulnya, kalau di translate dengan kakak Google, artinya si Buruh.

“Gimana kalau kita jadi freelance saja. Aku tahu kamu berbakat mencoret kertas, dan aku pembual panorama. Gimana kalau kita jadi buruh saja. Aku sudah ke redaksi majalah A,B,C (Oh tidak bisa iklan merek di sini)”, kata dia membujuk.

Awalnya sih Om Gugel enggan, soalnya seperti yang di siarkan di tv. Gaji, gaji Buruh itu enggak seberapa.

“Alah, untuk biaya makan minum dan parkiran sih lebih dari cukup”, balasan dia.

Dan setelah di analisa, teliti, dan di pikirkan dengan pertimbangan hukum bijak dan bejo, akhirnya dapat kesimpulan bahwa pekerjaan ini dapat dilaksanakan.

Coba dulu, baru tahu rasanya.

Buruh itu sebenarnya juga bisa dikatakan bukan pekerjaan. Karena menurut Om Gugel, lazimnya pekerjaan itu sebagaimana ada Organisasi tetap yang dijalankan dengan adanya struktural, tempat, dan gaji yang sudah pasti serta sudah ditetapkan di awal rekrut. Lebih tepat disebut PraKerja, tuh masih dalam tahap belum kerja ‘asli’.

Jika dalam lingkup luas, pekerjaan ini sudah dikerjakan oleh kita sejak dini.

“Dek, tolong belikan ibu telur di warung Mpok Mina. Kembaliannya itu Rp100,- adek saja yang ambil”

Memang, yang ganjal di kalimat di atas ialah nominal uang yang sangat kecil. Itu ibarat kita yang sekarang dalam krisis ekonomi. Jika kita memikirkan ingin membeli mobil dengan uang Rp100,- di tangan, apa yang kita pikirkan.

  • Pasrah tanpa ada harapan lagi, karena angan-angan itu terasa sangat jauh melambung.
  • Memainkan uang koin itu ibarat mobil mobilan yang hanya ada satu ban.
  • Melihat uang itu sejenak, kemudian menaruhnya di dalam tabung
    buruh https://alaomgugel.wordpress.com
    Hari Buruh Internasional

    an.

  • Dengan sombong sedikit bumbu pasrah, mengatakan,”Udahlah, aku juga masih ada motor”.

Di atas merupakan kalimat relatif yang tidak bisa kita buktikan benar salahnya.

Bingung, ingin melangkah

Dont Worry, be Happy . Buruh merupakan pekerjaan bebas yang bisa dilakukan semua umur. Tetapi Om Gugel membagikannya menjadi tingkatan SD,SMP,SMA. Tips-tipsnya Ala Om Gugel sendiri ialah:

  • Mandiri

Ini merupakan point penting yang harus di miliki para Freelance sejati. Tidak berpangku tangan kepada orang lain. Sehingga menjadikan produktivitas yang cukup tinggi. Dan tidak tergantung oleh orang lain yang belum tentu produktivitasnya stabil.

  • Skill First

Banyak cendekiawan yang memiliki segudang ilmu, tetapi tidak memiliki kepiawaian dalam berbagai hal. Orang energi bagaikan burung yang memiliki energi dan makanan yang banyak tetapi tidak mempunyai sayap untuk terbang bebas.

  • Tawakal

Pasti setiap hal yang dilakukan oleh kita, harus disertai oleh spiritual. Hal ini menjadikan suatu pekerjaan yang kita kerjakan lancar car car.

  • Berdoa

Do’a, setiap lima kali sekali merupakan dosis yang pas. Untuk dilakukan sesudah sholat.

  • Double Gardan

Maksudnya kita dapat menjalankan suatu pekerjaan buruh ini diselingi oleh kegiatan ini. Hal ini membutuhkan manajemen waktu yang sangat teliti.

Masih ragu ragu ingin menjadi buruh. Jangan Khawatir gaji yang sedikit, itu memang sesuai dengan pekerjaan kita yang bebas. Maksudnya dengan hal bebas ini kita dapat melakukan hal yang lain. Pekerjaannya cukup banyak seperti wartawan, penulis, dan masih banyak lagi yang dapat dilihat di tulisan Om yang satu ini Pekerjaan yang cocok untuk pelajar.

 

Iklan

Komentar dan Diskusi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s